Kamis, 11 November 2021

Antisipasi Bencana, Forkopimda Apel Gelar Pasukan Dan Perlengkapan Penanggulangan

 



Wonosobo, WartaHukum.com - Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana, dalam rangka pengecekan kesiapan  Pemerintah Daerah Wonosobo dalam  menghadapi jika bencana terjadi, dilaksanakan di Pendopo Bupati. Sebagai pimpinan apel, wakil Bupati M. Albar. (11/11)


Dalam sambutanya wakil Bupati menyampaikan, jika saat ini curah hujan dalam beberapa waktu terakhir ini cukup tinggi. Kondisi wilayah Wonosobo merupakan daerah perbukitan dengan kemiringan bisa mencapai 400, ditambah lagi saat ini tumbuhan yang besar sudah mulai jarang sehingga mudah sekali terjadi bencana khususnya tanah longsor.


"Hal ini dapat kita buktikan dalam beberapa hari yang lalu, saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari 2 jam saja. Beberapa wilayah terjadi bencana tanah longsor seperti di Kalibawang, Mojotengah, dan beberapa kecamatan yang lain, walaupun longsor terjadi masih skala kecil. Dan itu membutuhkan perhatian kita semua untuk selalu waspada sehingga korban bisa diminimalisir," ujar Albar.


Lebih lanjut disampaikan, bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, SAR maupun instansi terkait semata.


"Kita semua harus menyadari, bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan, dan menjadi tanggung jawab kita bersama, seluruh masyarakat Kabupaten Wonosobo, termasuk kalangan dunia usaha, akademisi, juga media," katanya.


Menurutnya, keterbatasan sarana dan prasarana menjadi salah satu hambatan dalam penanganan bencana. 





"Saya mengajak seluruh BUMN, BUMD, perbankan, dan dunia usaha yang ada di Kabupaten Wonosobo, untuk meningkatkan sinergitas dan bekerjasama dalam meningkatkan kualitas penanganan bencana di Kabupaten Wonosobo," imbuh wakil Bupati.


Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat menyampaikan bila Kodim sangat mendukung kegiatan Pemda, khususnya dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana.


"Dengan adanya apel gelar pasukan dan perlengkapan ini, mengingatkan kita semua apabila terjadi bencana, maka secara otomatis kita akan bertindak sesuai dengan tugasnya masing – masing. Sehingga dengan  penanganan cepat bisa segera teratasi dan kerugian bisa diminimalisir," paparnya.


Kemudian untuk Kodim 0707/Wonosobo sendiri, lanjut Dandim, selalu siap membantu Pemda dalam mengatasi bencana alam apabila terjadi.  


"Saya menghimbau kepada masyarakat, apabila terjadi bencana atau ada tanda – tanda akan terjadi bencana, maka segera lapor kepada aparat terdekat sebagai langkah awal, untuk segera diambil tindakan yang tepat," pungkasnya. 


("et")

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top