Kamis, 09 Desember 2021

Binda Jateng Laksanakan Vaksin Door To Door Di Empat Kabupaten

 



Semarang, WartaHukum.com - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, hari ini 9 Desember 2021 menyelenggarakan vaksinasi massal pelajar/santri dan masyarakat secara door to door di 4 (empat) Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Banjarnegara, Pekalongan, Batang dan Wonosobo, dengan target sebanyak 15.000 dosis vaksin.


Menurut Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M, Kabinda Jateng mengatakan jika metode door to door atau jemput bola merupakan cara yang efektif untuk menyisir warga yang belum divaksin. 


"Nakes dari Binda Jateng didampingi perangkat desa setempat langsung mendatangi kediaman warga untuk divaksin di rumah-rumah, terutama untuk lansia dan difabel," jelasnya.


Lanjutnya, "Dengan adanya vaksinasi door to door sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena warga yang memiliki keterbatasan ke sentra vaksinasi dapat mendapatkan vaksin terutama kelompok lansia yang capaian vaksinasinya baru mencapai 65,20%," ujar Kabinda Jateng tersebut.


Vaksinasi untuk pelajar/santri diselenggarakan di SMP N 2 Pejawaran Banjarnegara, Sementara untuk masyarakat secara door to door dilaksanakan di 14 lokasi di 4 kabupaten.


Sasaran 14 lokasi meliputi Kab. Banjarnegara di Desa Danakerta Kec. Punggelan, Desa / Kec Wanadadi, Desa Wanadri Kec. Bawang. Kab. Batang dilaksanakan di Gedung PSC 119 Batang, Desa Kebumen Kec. Tulis, Desa Adinuso Kec. Subah, Desa / Kec. Banyuputih, Desa Depok Kec. Buaran. 





Kemudian Kab. Pekalongan di Desa Pawedan dan Desa Wonoyoso Kec. Buaran, Desa / Kec. Kajen. Sedang untuk Kab. Wonosobo dilaksanakan di Desa Sapuran Kec. Sapuran, Desa Pasuruan dan Binangun Kec. Watumalang.


Perkembangan capaian vaksinasi di provinsi jateng per 8 Desember 2021 (https://vaksin.kemkes.go.id/) menunjukan progres yang sangat baik yaitu sebesar 73,02%.


"Namun untuk 4 kabupaten yang akan kita laksanakan kegiatan vaksinasi hari ini masih dibawah 70%, dimana Kab Batang 61,12%, kemudian Pekalongan 64,05%, Kab Banjarnegara 64,19% dan Kab Wonosobo 66,08%. Hal ini menjadi alasan kami Kembali melaksanakan vaksinasi di keempat wilayah tersebut pada hari ini," imbuh Brigjen TNI Sondi Siswanto.


Masyarakat dan pelajar setelah mendapatkan  vaksin diharapkan tetap menerapkan protokol Kesehatan, karena pandemi belum berakhir. 


"Adanya kegiatan vaksinasi ini, kami berharap kekebalan komunal / herd immunity dapat segera terbentuk, dan aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala," tutupnya.


Penyelenggara berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan vaksinasi masal yang diselenggarakan Binda Jateng. 


("et")

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top