Kamis, 27 Januari 2022

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Purbalingga Apresiasi Kegiatan KKG Guru SD Korwilcam Karangmoncol Dalam Pembuatan Soal PTS Ke 2 Tahun 2021/2022

 



Purbalingga, WartahHukum.com - Dalam rangka persiapan pelaksanaan PTS 2 Tahun 2021 /2022, Korwilcam Karangmoncol Purbalingga Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan Kelompok Kerja Guru SD /KKG  selama 3 hari sejak 25 Januari sampai 27 Januari 2022 yang diikuti oleh seluruh Guru Kelas, Guru Agama, dan Guru Olah Raga yang terbagi menjadi 3 Gugus yaitu Gugus Diponegoro, Gugus Nusantara, dan Gugus Cahyana. 


Adapun Gugus Diponegoro melaksanakan kegiatan KKG bertempat di SDN1 Tunjungmuli. Saat pembukaan pelaksanan KKG hari pertama Ketua KKG Budiono Abdilah S. Pd. SD antara lain mengatakan, " Kami sangat bersyukur hari ini kita dapat menyelenggarakan kegiatan KKG untuk membuat soal PTS 2 Tahun 2021 /2022 kami berharap acara ini dapat terselenggara dengan baik kami berterimakasih atas dukungan dan bimbingan Korwilcam dan semua pihak kami juga berharap peserta KKG pada saatnya nanti dapat mengikuti bimbingan dengan baik yang akan dipandu oleh beliau Ibu Purwahyanti, S. Pd SD," dan setelah itu nanti dilanjutkan dengan membuat kelompok Guru Olah Raga, Guru Kelas 5 dipandu Ibu Purwahyanti, S. Pd SD dan Guru Kelas 6 dipandu oleh Pak Agus Misdaryanto , S. Pd. tuturnya. Selasa, 25 /1/2022. 


Saat memberikan bimbingan Kepala SDN1  Purwahyanti S. Pd SD antara lain menjelaskan," untuk membuat soal-soal yang baik  tentu harus mengacu kepada pedoman pembuatan soal tidak lepas dari KD, Indikator dari Tema ataupun sub tema yang dibuat kisi - kisi dan dirancang dengan membuat kartu soal. Dalam membuat soal bisa beragam level ternasuk soal hots juga perlu diberikan kepada peserta didik. Dalam penulisan soal perlu memperhatikan kata kerja oprasional yang tepat , ini dapat kami tunjukkan contoh - contoh soal yang baik dan soal-soal yang kurang baik dan bapak ibu guru dapat mencermati apa sebab soal tersebut dianggap baik dan kurang baik "jelasnya. 


Sementara itu pada hari kedua pelaksanaan KKG, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi, SH., MH. saat dihubungi oleh salah satu awak media menyampaikan tanggapannya," atas pelaksanannya kegiatan KKG ini Saya selaku Kadindikbud Purbalingga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi terkait penyusunan soal PTS 2 tahun 2021/2022. Semoga dengan kegiatan tersebut akan dihasilkan soal-soal yang berkualitas sesuai dengan kurikulum yang telah diajarkan kesiswa/siswi kita, pesan saya bahwa berkaca pada soal-soal ANBK yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu soal-soal ANBK sangat bagus untuk mengukur tingkat kemampuan siswa menelaah materi yang diberikan selama proses belajar mengajar, dan saya juga berharap agar dalam penyusunan soal-soal tetap berpegang pada kaidah yang berlaku dan soal-soal yang disusun merupakan soal yang bersifat positif,"jelasnya


Peserta KKG menanggapi kegiatan ini dengan baik. Kodri, S. Pd SD salah satu peserta guru kelas 6 mengatakan," dengan pertemuan ini tentu sangat bermanfaat bagi kami antara lain kita dapat silaturahmi antar sesama guru dan kita bisa mendapatkan wawasan ataupun ilmu yang bermanfaat," tuturnya.


(Iqbal)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top