Selasa, 02 Agustus 2022

Warga Desa Tunjungmuli Memperbaiki Saluran Air Di Bawah Jalan Raya Sawahtengah Bersama Perangkat Desa

 



Purbalingga, WartaHukum.com - Jalan Raya Tunjungmuli mengalami kerusakan di banyak titik perlu mendapatkan perhatian yang serius oleh Pemerintah Daerah Purbalingga. 


Menurut Joko Pranoto Kepala Tunjungmuli mengatakan, kerusakannya terutama perjalanan arah dari Desa Tunjungmuli ke arah Majingklak Tamansari, selain kerusakan aspal  saluran air yang terletak dibawah jalan juga ada yang amblas atau rusak yang berada di Sawah tengah Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, ucap Joko, Selasa (02/8/ 2022). 


"Jalan Raya Tunjungmuli - Majingklak mengalami kerusakan aspal yang terkelupas di banyak tempat sehingga jalan berlubang, adapun saluran air yang amblas atau rusak terletak di jalan raya utara pertigaan legong, sehingga separoh jalan tidak dapat dilalui kendaraan  terutama saat berpapasan, pungkasnya.


Lanjut Joko, selain itu ketika hujan lebat air selokan juga meluap ke permukaan jalan raya, kerusakan ini sudah cukup lama tapi belum ditangani oleh pemerintah, maka  warga masyarakat Desa Tunjungmuli bersama saya selaku Kepala Desa dan perangkatnya hari ini memperbaiki jalan tersebut secara gotong royong dengan biaya swadaya dari masyarakat dan sebagian dananya berasal dari Desa, ungkap Joko Pranoto.


" Perbaikan yang dilaksanakan hari ini berupa pengecoran  bagian atas saluran air yang ada di jalan raya dengan ukuran panjang sekitar 5 meter dan lebar sekitar 1,5 meter, dengan biaya kurang lebih 11 juta rupiah," ungkap Kades.


Ia juga mengatakan, setelah pengecoran ini sebaiknya untuk sementara jangan dilintasi kendaraan sampai benar - benar keras, kira - kira 21 hari. Jika sudah benar - benar keras, baru dapat digunakan untuk lalu lintas seperti biasa, tuturnya. 


"kami berharap Kepada Pemerintah Daerah Purbalingga agar Jalan yang kerusakan aspalnya sudah parah dari arah Majingklak ke Tunjungmuli agar segera diperbaiki, mengingat jalan tersebut merupakan jalan utama yang dapat menghubungkan ke beberapa desa sekitar Tunjungmuli sebagai akses anak sekolah, selain itu, jalan ini juga sebagai akses jalur perekonomian melalui sarana angkutan untuk mengangkut barang - barang perdagangan, hasil pertanian dan lain - lain," ujarnya. 


Joko Pranoto berharap, oleh karena itu jika tidak segera diperbaiki, tentu akan berpengaruh dengan kurangnya pelayanan masyarakat secara maksimal dalam kegiatan perekonomian, urusan pendidikan dan lain - lain selain itu pengguna jalan juga merasa tidak nyaman, berpotensi terjadinya kecelakaan, serta berpotensi dapat menimbulkan kerusakan pada kendaraan. Oleh karena itu, perlu segera diperbaiki, harapnya.


Dalam kerja bakti pengecoran jalan turut dihadiri perangkat desa yaitu, Kepala Desa Tunjungmuli Joko Pranoto , Subagyo, Fadlun, Riyan, Suyatno, Kusnan, dan Ragil. Sedangkan dari warga yang ikut kerja bakti antara lain; Yusuf, Ali , Muslim dan masih banyak yang lainnya , dan kebanyakan  dari Warga Kadus 1, "pungkas Joko Pranoto Kepala Desa Tunjungmuli. 


(Iqbal)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top