Rabu, 22 Februari 2023

Dua Rumah Rusak Akibat Longsor, Muspika Karangmoncol Turun Langsung Ke Lokasi Bencana

 




Purbalingga, WartaHukum.com - Akibat hujan lebat yang mengguyur Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah yang terjadi sekitar pukul 14. 00 Wib sampai pukul 17. 00 Wib kemarin, berakibat terjadinya tanah longsor di tiga tempat di Desa Sirau menjadikan kerusakan dua rumah warga Sirau," demikian disampaikan oleh Dirun Kepala Desa Sirau, Selasa, 21/02/2023


Lebih lanjut Dirun mengatakan, tanah longsor ini terjadi di tiga tempat yang berbeda yaitu di Kepetek, Dukuh Tengah dan Kesembir Desa Sirau. Adapun longsoran yang menimpa rumah warga yaitu di Kepetek rumah milik Saefurohman kerusakan rumah ada pada bagian depan dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 30 Juta.


Sedangkan di Dukuh Tengah rumah milik Heriyanto di Rt 19/06 kerusakan ada pada bagian teras depan dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 35. 000.000. Sedangkan longsoran di Kesembir tidak menimpa rumah warga. Kejadian ini Alhamdulilah tidak menimbulkan korban jiwa, jelas Dirun.





" Pada pagi ini banyak sekali yang dapat menghadiri acara kerja bakti untuk menyingkirkan tanah longsor yang masuk ke rumah warga yang terkena bencana maupun tanah yang menutupi  jalan sehingga perlu dibersihkan agar akses jalan kembali lancar, dan pagi ini yang dapat menghadiri kerja bakti kurang lebih  150 Orang sehingga lokasi tanah longsor ini yang menutupi jalan sudah dapat disingkirkan dan siangnya sudah normal kembali. Kerja bakti ini kita laksanakan sejak sekitar Pukul 07.00 Wib sampai dengan Pukul 12.30 Wib, "jelas Koptu Calvin Babinsa Tunjungmuli. 


Ia juga menyampaikan bahwa," yang langsung turun ke lokasi bencana antara lain ; Camat Karangmoncol (Bpk Juli Atmadji, S.STP, M.AP), Koramil Karangmoncol (Serma Widiyo dan 3 orang anggota. Kapolsek Karangmoncol (Bpk Iptu Amirudin) beserta 6 anggota, BPBD Purbalingga (Turiman) Beserta 8 orang anggota, Kepala Desa Sirau (Dirun) Beserta perangkatnya, Mastana Sirau (Sarwono) berserta 15 Anggotanya, Baznas Sirau (Rohman), Masyarakat Desa Sirau kurang lebih 150 orang,"terangnya. 


" Longsoran yang terjadi di Dukuh Tengah ini memang posisi rumah dengan jalan sangat berdekatan sementara di sebrang jalan ada lereng yang cukup tinggi diperkirakan lebih dari 10 meter, sehingga ketika terjadi longsor maka matrial longsoran akan menutupi jalan dan menimpa rumah warga yang ada di dekatnya," pungkas Hadi Siswoyo , S. Pd SD Kepala SDN1 Sirau.


(Iqbal)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top