Senin, 20 Maret 2023

Spensa Fair Dan Spensa Bersholawat, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 



Wonosobo, WartaHukum.com - Spensa Fair 2023 dilaksanakan selama dua hari, tanggal 20 - 21 Maret 2023, di halaman SMP N 1 Wonosobo. Ini merupakan kegiatan tengah semester 2 untuk mengisi jeda tengah semester 2 bagi kelas VIII, IX, dan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bagi Kelas VII. 


Mengusung tema ”Becoming Young Entrepreneur” sekolah  berharap murid Spensa  mampu mengembangkan potensi diri, pemberdayaan potensinya, serta peningkatan peran sosial di masyarakat. 


Spensa Fair dikemas dengan kegiatan kewirausahaan berbasis kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta didik dalam berwirausaha, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil usahanya. 


Kegiatan tersebut dibuka dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga, Drs. Tono Prihantono, disaksikan oleh Pengawas Sekolah serta Bapak Ibu Guru dan Karyawan.


Dalam sambutannya beliau berharap unsur utama dalam P5 bukan dari hasil kegiatannya, namun dari proses yang dijalani peserta didik sehingga menjadi karakter yang diharapkan. Kepala Dinas juga berkenan berkeliling memberikan motivasi kepada peserta.


Disamping kewirausahaan  peserta didik  menampilkan karya seni berbasis kelas, di atas panggung yang berada di tengah - tengah area stand kewirausahaan. Terlihat tari tradisional Wonosobo topeng lengger, kuda kepang, turut serta ditampilkan bersama dengan dance dan menyanyi tunggal maupun bersama - sama. 


Sri Puji Astuti, M.Pd. selaku kepala sekolah sangat bangga kepada peserta didik dalam memilih bidang dan jenis kewirausahaan yang sangat beragam serta kreatif. 





"Tidak hanya kuliner, namun sampai pada game online, aksesoris, serta jasa," tuturnya.


Lebih lanjut kepala sekolah berharap kegiatan tersebut merupakan proses yang bermakna.


"Saya berharap kegiatan ini bisa membentuk siswa yang kreatif, bergotong royong, dan  bernalar kritis sesuai dengan elemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila," tutupnya.

 

Arga Fatan Rahmawan, selaku wakil peserta didik kelas IX menyampaikan bahwa Spensa Fair melatih kepercayaan diri, serta menghibur.  


Ketua OSIS SMP Negeri 1 Wonosobo, Yumna Aiyla Khairunisa, berharap sekolah melaksanakan kegiatan yang lebih banyak menampilkan bakat dan minat serta melatih peserta didik untuk bergotong royong, dan  memiliki kepedulian sosial tinggi.


Berbarengan dengan Spensa Fair, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, diselenggarakan juga Spensa Bersholawat. Dimana acara tersebut di mulai pukul 07.30 hingga 08.30 WIB,  bekerjasama dengan  Unsiq Wonosobo.


Dengan bersumber dana kegiatan berasal dari sumbangan orang tua, berkolaborasi sekolah dengan CV Media Pendidikan, Perumda Tirta Aji, Neutron Bimbel, Bintang Mulia Tours, dan CV Sakura Mas, Kegiatan tersebut bisa terselenggara. Selain itu tentunya berkat kerja keras murid-murid, sesuai arahan bapak dan ibu guru pembimbing. 


("et")

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top