Minggu, 15 September 2024

Bapedda Sumenep Juara III, dalam Anugerah Inovasi OPD 2024




Sumenep, WartaHukum.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep dinobatkan sebagai Juara III kategori tingkat OPD dalam evaluasi Anugerah Inovasi Daerah 2024.


Bappeda yang dipimpin  Dr. Ir Arif Firmanto, S.T.P., M.Si seorang figur berdedikasi dan kreatif ini mendapat nilai 629,5 di bawah BKPSDM dan Dinkes P2KB Sumenep yang masing-masing mendapat nilai 633 dan 632.0.


BKPSDM Kabupaten Sumenep memperoleh nilai tertinggi melalui Inovasi Layanan Pensiun Duduk Manis sehingga sabet Juara I, sedangkan Dinkes P2KB Sumenep menonjolkan Aplikasi Siap Lahir. Sementara BAPEDDA Sumenep melalui Inovasi Simpel ( Sistem Informasi Manajemen Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan Daerah ).


Hasil itu berdasarkan penilaian secara komprehensif dan independen oleh tim dewan juri Anugerah Inovasi Daerah 2024. Jumat, 13/09/2024, malam.


Inovasi SIMPEL ( Sistem Infomasi Manajemen Pengendalian, Evaluasi dan Laporan Pembangunan Daerah) yang dimiliki Bappeda merupakan sebuah transformasi layanan terbarukan di era digitalisasi.


Dengan aplikasi itu, setiap perangkat daerah memiliki kewajiban untuk melaporkan realisasi kinerja setiap triwulan, sehingga Bappeda Kabupaten Sumenep dapat melakukan monitoring terhadap pelaksanaan rencana kerja perangkat daerah melalui formulir E.81.


Inovasi itu juga untuk memberi kemudahan monitoring pengukuran kinerja berbasis teknologi informasi dalam bentuk Website, sehingga dapat dijalankan melalui perangkat komputer, tablet, maupun smartphone.


Dr. Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si mengatakan, penghargaan demi penghargaan yang telah diraihnya merupakan hasil kerja keras bersama jajarannya yang punya kesamaan visi dan misi untuk kemajuan daerah.


“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama. Saya menyampaikan terima kasih kepada tim dewan juri yang telah memberikan penilaian secara komprehensif dan independen,”kata Dr. Ir. Arif Firmanto, S.T.P., M.Si.


Sosok yang memiliki segudang prestasi ini berharap Penghargaan Anugerah Inovasi Daerah dapat menumbuhkan semangat berkarya dan berinovasi pada Organisasi Perangkat Daerah yang dipimpinnya.


“Penghargaan ini menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya dan berprestasi,” ucapnya.


Ia menambahkan, Anugerah Inovasi Daerah 2024 untuk menjawab tantangan zaman bahwa organisasi daerah perlu memberikan perhatian yang besar pada pentingnya inovasi.


" Organisasi perlu menggali kreativitas organisasi yang tersembunyi, karena organisasi memiliki tidak sedikit orang - orang yang mempunyai ketajaman dalam berkreativitas untuk menghasilkan inovasi Daerah berkelanjutan, " tandasnya. 


Sebelum diumumkan hasil akhir oleh tim dewan juri, dilakukan babak kualifikasi yang mana dari seluruh kategori hanya diambil 6 peserta terbaik, kemudian disaring lagi menjadi 3 terbaik, yakni juara 1, 2 dan 3. 


( Mul )

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top