Sabtu, 14 September 2024

Kadis PMD Sumenep Minta BPD Fokus pada Tupoksinya, saat Beri Penghargaan kepada Bupati Sumenep




Sumenep, WartaHukum.com - Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, S.H.,M.H mendapat penghargaan sekaligus didaulat sebagai Bapak BPD oleh Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sumenep karena perhatian dan kepeduliannya yang tinggi.


Penghargaan tersebut diterima Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat menghadiri acara peningkatan kapasitas mandiri dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus PABPDSI, yang dihadiri anggota BPD se-Kabupaten Sumenep di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ). Sabtu, 14/09/2024.


Ketua PABPDSI Kabupaten Sumenep, M. Sukran Hamidy mengatakan, didaulatnya Bupati Fauzi sebagai Bapak BPD Kabupaten Sumenep bukan tanpa alasan, namun karena memiliki tingkat kepedulian, perhatian dan komitmen tinggi.


"Kami merasa Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo ini luar biasa dalam memberikan perhatian terhadap BPD. Salah satunya yang paling dekat di hati, saat BPD Sumenep pertama kali dalam sejarah langsung dikukuhkan oleh beliau di Pendopo Agung Keraton Sumenep," katanya.


M. Sukran Hamidy menilai Bupati Sumenep  Achmad Fauzi Wongsojudo telah membangkitkan spirit baru.


"Jadi, jika Kades bisa dilantik dan dikukuhkan secara langsung oleh Bupati, maka kami juga harus bisa dilantik oleh Bupati, karena SK kami juga dari Bupati. Saat ini, kami semakin punya kepercayaan diri bahwa BPD betul -betul organ penting yang ada di desa," ungkap Sukran Hamidy.


Atas nama PABPDSI Kabupaten Sumenep pihaknya merasa bangga sekaligus menyampaikan terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.


Sukran Hamidy berharap, dengan adanya perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 8 tahun dan peningkatan kapasitas, kiprah BPD Sumenep akan semakin terlihat nyata sehingga dapat mewarnai tata kelola pemerintahan desa.


"Pertama, desa bagian dari Kabupaten. Jika Sumenep ingin berubah maka desa harus berubah. Kalau desa tidak berubah maka Sumenep tidak akan berubah," Jelasnya.


BPD dan pemerintahan desa saling terkait bahkan peraturan desa-pun tidak akan muncul manakala tidak ada pembahasan dan persetujuan dari BPD. 


Tampak hadir Kadis PMD Anwar Syahroni Yusuf, Ketua AKD Kabupaten Sumenep Miskun Legiyono sedang foto bersama Bupati dan sejumlah anggota PABPDSI Kabupaten Sumenep.


Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf menegaskan, sebagai OPD yang mengurusi Pemerintahan desa pihaknya mendorong stakeholder yang ada di desa untuk terus sinergis.


" Maka dengan amanah UU, Pemkab Sumenep sudah mengawali dengan pengukuhan dan perpanjangan masa jabatan Kades, termasuk BPD yang diberikan perhatian khusus walaupun jumlahnya sangat banyak yakni 2448 anggota. Itu artinya, Bupati Sumenep ingin stakeholder yang ada di desa terus berperan aktif dalam pembangunan," ungkapnya.


Dengan pengukuhan dan perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun jadi 8 tahun, Anwar Syahroni Yusuf berharap dapat dijadikan momentum kebangkitan BPD untuk lebih sinergi dan lebih fokus dalam tugas-tugas yang ada di desa.


" Walaupun BPD punya organisasi yang terpisah yakni PABPDSI tapi secara struktur tugas mereka ada di pemerintahan desa yang harus sinergi dan harus melaksanakan tupoksi yang paling utama, " terang Kadis PMD Sumenep.


Lanjutnya, BPD adalah tokoh di desa dan mereka dipilih dari perwakilan-perwakilan dusun. Maka terkait kondusifitas, perencanaan pembangunan desa, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat desa serta kemajuan desa itu sendiri harus terus berkolaborasi, termasuk menjalin sinergitas Pentahelix.


Terkahir Kadis Anwar mengajak Kades dan BPD untuk terus belajar dan membaca regulasi karena pengambilan kebijakan di desa ada di Kepala desa dan BPD.


Pelaksanaan tersebut menyajikan informasi terhadap publik bahwa Penghargaan yang diberikan kepada Bupati Sumenep harus menjadi refleksi bagi BPD dalam menjaga integritas Bupati Sumenep. Beliau telah memberikan perhatian khusus kepada BPD, dalam kiprahnya di desa melalui pengukuhan dan pelantikan agar terbangun sinergisitas dengan pemerintahan desa dan Pentahelix untuk pembangunan Kabupaten Sumenep. 


( Mul )

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top