Rabu, 11 September 2024

SMPN 1 Sumenep Laksanakan Assessment Nasional Berbasis Komputer guna Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Foto : Syaiful Rahman, S.Pd., M.M.Pd, Kepsek SMPN 1 Sumenep



Sumenep, WartaHukum.com - Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa SMPN 1 Sumenep, Kec. Kota, Sumenep, Jawa Timur, melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024. Rabu, ( 11/09/2024 ).


Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 45 siswa-siswi kelas VIII, yang dipilih dengan sistem acak dan dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari, mulai hari Rabu hingga Kamis.


Hal itu disampaikan Syaiful Rahman, S.Pd., M.M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Sumenep kepada media sekira pukul 11.00 WIB di ruang kerjanya Rabu, ( 11/09/2024 ).


Ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan ANBK yang berlangsung 2 ( dua ) hari lamanya, akan diawasi oleh Guru dari luar sekolah.


" Hari pertama meliputi Literasi dan Survei Karakter sedangkan hari kedua diisi dengan Nomerasi dan Survei Lingkungan Belajar, ” ungkap Syaiful Rahman.


Lanjutnya, ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.


“ Melalui asesmen ini, Kemendikbudristek memotret kualitas pendidikan seluruh satuan pendidikan di Indonesia, mencakup input, proses, dan output pembelajaran,”terangnya.


Ia berharap kegiatan ANBK ini dapat memberikan gambaran nyata mengenai  perkembangan kemampuan siswa, serta kondisi lingkungan belajar di sekolah.


" Kami berharap asesmen ini tidak hanya mengukur kemampuan akademik siswa, tetapi bisa meningkatkan kualitas pendidikan bagi seluruh anak didik kami, ”harapnya.


Mengakhiri keterangannya, Asesmen Kurikulum Merdeka sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam suatu pembelajaran di Kurikulum Merdeka.


( Mul )

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top